Minggu, 11 November 2018

Alternatif Dropbox untuk Windows XP



Nah kali ini saya akan membagikan sebuah panduan sederhana mengenai penganti dropbox untuk windows XP, atau bahasa Manggarainya “Alternative Dropbox for Windows XP”, hehhehe. Jujur saja dropbox merupakan salah satu cloud storage yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pengguna internet.


Keunggulan Cloud Storage Dropbox


Dropbox memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan cloud storage lainnya. Selain karena kapasitas gratis yang cukup besar, dropbox juga tergolong salah satu program yang “ringan” dijalankan di PC atau laptop. Cara menginstalnya pun mudah dan juga dapat terintregasi dengan account google.

Dengan berkembanganya teknologi smartphone dropbox pun semakin dipakai karena sangat mudah untuk ditemukan baik di Playstore maupun di IOS. Selain itu Dropbox juga tidak termasuk “program Revel” karena tidak memakan banyak kapsitas RAM.

Salah satu fitur Dropbox yang paling sering digunakan adalah fitur Folder dan File Sharing. Khusus mengenai fitur ini ada yang bersifat terbatas hanya untuk beberapa orang yang dituju (yang juga memiliki akun dropbox) atau pun juga bersifas bebas, tinggal seseorang mengirimkan url atau link donwload dropbox tersebut.


Pengganti Dropbox untuk Windows XP


Nah, inilah kendala yang beberapa waktu lalu saya sendiri hadapi. Saya menggunakan dropbox untuk transfer data antara beberapa komputer di beberapa tempat. Jumlahnya sendiri mencapai 40an komputer. Selama beberapa waktu saya sendiri merasa sangat terbantu dengan fitur folder sharing ini.

Sekitar dua tahun belakangan semenjak Microsoft menghentikan dukungannya untuk semua pengguna Windows XP terjadi begitu banyak perubahan. Dropbox pun mengeluarkan kebijakan yang sama yaitu menghentikan dukungannya untuk pengguna dropbox di Windows XP. Alhasil saya sendiri “hampir” depresi berat berhubung semua komputer yang dipakai untuk transfer file adalah Microsoft XP !!  Bukan apa-apa selain karena memang semua komputer memiliki spesifikasi yang rendah dan rata-rata komputer jadul (RAM 1 GB dan DDR 2). Penggunaannya juga hanya untuk MS Word dan sebuah program sederhana. Mau tidak mau harus menggunakan Windows XP yang spesifikasinya cukup untuk hardware dengan spesifikasi segitu.

Setelah kegalaulan yang cukup lama, searching sana-sini dan mencoba beberapa cloud storage, saya belum dapat menemukan program cloud storage yang “setara” dengan Dropbox. Beberapa waktu lalu setelah utak-utik sana-sini akhirnya saya menemukan program cloud storage yang dapat digunakan di Operation System Windows XP dan juga “Ringan” serta memiliki fitur file sharing seperti Dropbox.

Program pengganti ini bernama Sync, atau kurang lebih merupakan singkatan dari Syncronize/sinkronisasi. Alamatnya sendiri di www.sync.com. Programnya kecil dan dapat diinstal persis seperti dropbox dan merupakan program penganti dropbox untuk Windows XP.


Cara Instalasi



Alternative Dropbox for Windows XP

1. Masuk ke Browser kemudian menuju ke websitenya www.sync.com.


Alternative Dropbox for Windows XP

2. Sign Up Menggunakan Email anda kemudian setting Password untuk akun Sync anda.


Alternative Dropbox for Windows XP

3. Kemudian kita akan diarahkan ke halaman untuk mendownload program. Programnya sendiri sangat kecil. 

Alternative Dropbox for Windows XP


4. Kemudian masuk ke email anda untuk keperluan verifikasi email. Klik Veryfy Email.


Alternative Dropbox for Windows XP

5. Setelah "Verify Email", anda akan diarahkan ke halaman login. Kemudian login menggunakan email dan password yang tadi telah di setting.


Alternative Dropbox for Windows XP

6. Setelah berhasil masuk, anda akan dibawa ke halaman utama. Jika anda pernah menggunakan dropbox sebelumnya pasti anda akan akrab dengan settinggan ini. Anda dapat segera membuat folder atau file di halaman ini.


Setting Sharing Folder/ File



Alternative Dropbox for Windows XP

Di sebelah kanan file atau folder terdapat settingan untuk sharing. Dibagian ini anda dapat sharing file atau folder ke akun sync yang lain. Atau jika anda menggunakan satu akun anda dapat menginstal program tersebut di komputer/PC lain.

Program yang tadi telah di download, tinggal diinstal di komputer anda. Sama halnya dengan Dropbox, ikon kecil di sebelah kanan bawah yang menjadi indikator kemajuan dan "aktif"nya program ini.  Sekian sharing dari saya semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon