Minggu, 05 April 2020

Belajar Cara Membangun Usaha Catering yang Berkualitas

Bisnis F&B, khususnya bisnis katering yang semakin ketat membuat konsumen kerap bingung menentukan pilihan. Kelas menengah di Indonesia dimudahkan sekaligus dibuat bingung dengan banyaknya pilihan katering. Akan tetapi, kalangan atas Indonesia yang cukup selektif dalam memilih makanan seringkali tak ingin sembarangan memilih katering.


Catering Acara Nikah


Katering Culture Royale adalah salah satu pilihan terpopuler katering tersebut. “Culture Royale awalnya dibangun sebagai perpanjangan katering Hotel Mulia. Banyak klien yang sudah jatuh cinta pada katering Hotel Mulia, tetapi Hotel Mulia tidak dapat menyediakan katering di luar hotel," kata lndra Soedarmodjo, F&B and Culinary Director dari Culture Royale.

Oleh karena itulah, katering premium ini memfokuskan diri kepada pelayanan ala hotel bintang lima. Bahkan Siti Karmila selaku Director of Salesand Business Development mengatakan bahkan dalam beberapa aspek seperti perangkat makan dan perangkat dapurnya lebih baik daripada hotel bintang lima.

“Belum tentu hotel bintang lima dapat menyamai standar Culture Royale, misalnya pada equipment seperti chinaware dan peralatan makannya," ucap Karmila.



Catering Sosial dan Catering Corporate


Cukup lazim apabila katering memiliki layanan-layanan berbeda, misalnya katering kantor dan atau katering pernikahan. Begitu pula halnya dengan Culture Royale. Di katering ini, layanan tersebut dibedakan menjadi layanan corporate dan layanan social.

Layanan corporate adalah layanan yang dikhususkan pada acara resmi seperti acara kantor, kedutaan, juga pemerintahan. Layanan social sendiri adalah katering untuk event-event sosial seperti acara pernikahan, pesta, juga acara non-formal.

"Tidak ada perbedaan dari segi pelayanan pada kedua pelayanan tersebut. Perbedaan tersebut ada dari jenis makanan. Misalnya, untuk katering corporate menunya mungkin ada coffee break, lalu makan siang prasmanan, lalu coffee break lagi. Sedangkan untuk katering social seperti acara pernikahan, kami bisa menyediakan set menu, prasmanan, dan stall,” .

Karmila juga menambahkan bahwa perbedaan antara katering premium dan katering rumahan ada pada fasilitas-fasilitas yang dapat diberikan oleh katering premlum, namun tidak dapat diberikan oleh katering biasa. Salah satu fasilitas unggulan katering Cultune Royale adalah beverage department.

Culture Royale melihat peluang dari permintaan yang cukup banyak dari ldien, terutama klien muda. "Kami memiliki beberapa signature menu seperti sangria dan koktil untuk alkohol, juga coId-pressed juice untuk minuman non-alkohol Sebisa mungkin kami selalu mengikuti perkembangan tren. Misalnya menerapkan gastronomi molekuler.

Kini tren tersebut sudah bergeser ke healthy food, makanya coId-pressed juice menjadi andalan.” kata Arif Mahesa, Beverage Director dari Culture Royale. Selain itu, untuk layanan corporate beverage department juga menyediakan berbagai menu kopi dan teh.


Menu Catering


Variasi Menu Untuk Catering


Menurut Herry Budiman, Marketing Manager dari Culture Royale, kunci dalam menjalankan katering kelas premium adalah sumber-sumber daya manusia yang terbaik pada bidangnya. “Katering kami benar-benar ditangani oleh orang-orang terbaik. Pekerjaan di sini menuntut kreativitas agar menu-menu yang dihasilkan unik dan berbeda sehingga klien puas dengan pelayanannya,” kata Herry.

Berbagai menu dari Culture Royale terkenal dengan presentasi dan kreativitasnya. Salah satu dessert andalannya adalah Klapertaart SouMe. perpaduan antara menu Indonesia dengan presentasi Western. Tidak ketinggalan menu Indonesia seperti ikan saus mangga, rendang ayam. nasi kuning, juga tumis sayur dengan presentasi yang cantik.

'Walaupun pada awalnya kami menyasar klien yang memang menginginkan menu premium. kini kami juga melayani klien on-budget. Tidak ada yang kami bedakan dari segi pelayanan dan presentasi. Cara kami menekan budget adalah dari pemilihan bahan baku. Misalnya dari ikan seabass dapat diganti dengan ikan kakap," kata Melisa.

Selain itu. dapur juga merupakan tempat yang paling dijaga. Dalam membuatnya, diperlukan perencanaan yang matang sesuai dengan aturan Hazard Analysis & Critical Control Point (HACCP) Begitu juga danga lun tempat dan alur dapur yang talah memenuhi Sandart Internasional ISO 22000.

Kreativitas, menu yang enak dengan presentasi yang cantik, sumber daya yang berkualitas, fasilitas yang lain dari yang lain, serta pelayanan yang terampil adalah modal utama dari sebuah katering premium. Tidak heran bahwa katering ini menyabet berbagai penghargaan. Salah satunya adalah Finalist di ACE Awards pada tahun 2010, 2011, dan 2013 serta menjadi anggota dari International Caterers Associations.


Foodservicetoday

High Way To Hell


EmoticonEmoticon