Selasa, 07 April 2020

Berbagai Jenis Kentang dan Cara Mengolahnya

Kentang merupakan jenis sayuran dan salah Satu keluarga dari umbi-umbian yang berasal dari negara Amerika. Namun dengan perkembangan  zaman tumbuhan ini dibudidayakan dan dikembangkan di negara-negara lain khususnya di Indonesia. Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk makanan alternatif pengganti nasi dan membantu proses diet secara alami.

Nicola Potato


Kentang yang memiliki nama latin Solanum Tuberosum L adalah tanaman dari suku Solanacease. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan menyebar dengan cepat ke berbagai penjuru dunia. Di Eropa, kentang sudah menjadi makanan pokok yang sangat penting.

Di lndonesia sendiri kentang biasanya dikonsumsi sebagai bahan baku untuk membuat kue, kentang rebus dan perlengkapan untuk bahan sup, ada juga yang diolah sebagai kentang goreng atau keripik kentang. Kentang merupakan makanan dengan nutrisi tinggi, sehingga kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Kipfler Potato

Kipfler potato berasal dan Austria. Jenis kentang ini mempunyai bentuk memanjang seperti pisang dan memiliki ciri berkulit cokelat-kuning halus, serta daging berwarna kuning seperti kentang pada umumnya. Kipfler potato memiliki kadar pati yang rendah, sehingga tidak cocok disajikan untuk kentang goreng.

Kentang jenis ini juga tumbuh di sepanjang tahun dengan ' tinggi 12 sampai 14 inci. Untuk menikmati kipfler potato, kebanyakan chef mengolahnya dengan cara merebus atau mengukus sampai empuk, selain itu kipfler potato biasa dibuat untuk salad dengan cara rebus kentang sampai lunak, kemudian dipotong menjadi empat bagian lalu dicampur dengan daging yang sudah digoreng terlebih dahulu, kemudian campurkan semua bahan seperti kentang, daging goreng, bawang merah, daun mint dan telur yang sudah direbus, kemudian bisa tambahkan saus atau mayones.


Bintje Potato

Bintje Potato berasal dari Belanda yang ditanam pertama kali oleh Frisian KL de Vries pada tahun 1904, dan tumbuh di sekitar Wilayah Eropa dan Afrika Utara. Jenis kentang ini mempunyai bentuk oval besar dengan berciri kulit kuning pucat serta daging berwarna kuning, selain itu memiliki tekstur yang lembut, serta memiliki kadar air yang tinggi dan rendah pati.

Bintje Potato biasa diolah sebagai kentang goreng, direbus ataupun dipanggang, selain itu jenis kentang ini bisa diolah menjadi keripik kentang dan salad. Bintje potato bisa ditumis dengan mentega dicampur dengan peterseli.


Potato Delaware

Delaware berasal dari California, kentang jenis ini tumbuh dengan tinggi sekitar 3,90 centermeter. Kentang delaware tumbuh disepanjang tahun. Kentang ini mempunyai bentuk oval, dengan ciri kulit lembut dan daging berwarna putih. Delaware dapat diolah dengan cara direbus, dipanggang, ditumbuk ataupun digoreng. Untuk penyimpanan jenis kentang ini harus kering dan yang terhindar dari cahaya.

Delaware biasanya digunakan untuk hidangan barbeque, dengan cara merebus kentang delaware sampai empuk kemudian potong-potong, lalu bumbui dengan satu buah bawang merah, dua buah zucchini, iris memanjang dan sati capsicum merah, yang potong kotak-kotak. Aduk sayuran dengan sedikit minyak zaitun. peterseli cincang, jus lemon dan kulit lemon kemudian barbeque sampai matang.


Nicola Potato

Nicola potato berasal dari Jerman Barat, mempunyal entuk oval dengan ciri kulit kuning krem dan daging kuning. dengan tekstur yang keras dengan rasa seperti mentega. Jenis umbi ini tumbuh dengan tinggi 16 inci. Tumbuhan ini tumbuh pada bulan Februari sampai Mei.

Jenis kentang ini baik untuk diolah dengan cara direbus dan dipanggang namun tidak dianjurkan untuk digoreng. Nicola potato mengandung vitamin C dan B6, tinggi kalium, mineral. dan serat, selain itu juga jenis umbi ini rendah sodium dan lemak. Nicola potato biasanya digunakan untuk campuran salad dan sup. Dan biasanya jenis kentang ini banyak digunakan untuk masa pada perayaan Natal.


Royal Blue Potato

Royal blue potato berasal dari Australia. Jenis kentang ini mempunyai bentuk oval dan lonjong, serta memiliki ciri kulit berwarna ungu dan daging berwarna kuning. Jenis kentang ini hidup di sepanjang tahun dan masa panen kentang jenis ini sekitar 3 minggu. Kandungan airnya sangat sedikit sehingga pada saat dimasak memiliki tekstur yang kering.

Royal blue potato dapat dimasak dengan cara dipanggang dan digoreng, selain itu dapat dipadukan dengan BBQ sebagai chip ataupun dimasak dengan campuran dua daging rashers, minyak zaitun, enam butir telur, serta garam, merica dan 1/4 cangkir peterseli lalu panggang.


Dutch cream potato

Dutch cream potato tumbuh di kawasan Victoria Selatan. Tumbuh pada bulan Agustus hingga Desember. Kentang jenis ini memiliki bentuk oval dengan ciri berkulit kuning tipis tanpa bintik-bintik hitam, dan daging berwarna kuning dengan tekstur lembut. Selain itu ia juga mengandung sumber vitamin, potassium dan niasin. Dengan kadar pati tinggi dan hampir tidak ada lemak. lantang ienk ini juga mengandung sekitar 20 kalori per 16 gram.

Dutch cream potato biasa diolah untuk masakan sup. selain itu iuga bisa dimasak dengan cara mengukus. merebus, ataupun dipanggang. Jika Anda ingin membuat mash, jenis kentang ini sangat cocok kerena memiliki rasa yang creamy dan tekstur yang lembut.

Potato Sabago

Sabago berasal dari Amerika Serikat, kentang jenis ini tumbuh dengan tinggi 13 centimeter dan ditanam pada awal musim semi. Sabago mempunyai bentuk oval panjang dan memiliki ciri kulit seperti kentang pada umumnya yaitu cokelat muda dan dagingnya berwarna putih.

Jenis kentang ini mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi dan hampir bebas lemak. Sabago dapat diolah dengan cara dipanggang, direbus, dan digoreng. Bisa juga dibuat menjadi chip dan mash atau casserole.

Potato Pink Fir apple

Potato Pink Fir apple adalah jenis kentang yang tumbuh pada bulan luni sampai Juli pada musim kemarau, dan pada musim ujan kentang ini tumbuh pada bulan September hingga Oktober dengan tinggi 20 centimeter (8 inci). Jenis kentang ini memiliki ciri sebagian kulit berwarna merah jambu dan putih dengan daging di dalamnya berwarna kuning.

Bentuk dari kentang ini panjang dan terkenal bertonjol. Jenis kentang ini memiliki rasa yang enak dan tekstur yang baik. Pink Fir apple biasanya digunakan untuk hidangan salad. dengan mengiris tipis kentang pink fir apple. lalu campurkan bawang putih dan bawah merah. lalu goreng kentang hingga berwarna cokelat. Pink fir apple memiliki tekstur lilin yang membuat salad menjadi enak. Bisa juga dimasak dengan mengiris tipis lalu campurkan daun bawang mayones, garam dan merica.

Kentang tidak selalu berwarna putih


Red Pontiac

Red Pontiac berasal dari Florida yang ditanam oleh JW Weston pada tahun 1945. dan tumbuh di sekitar bagian Selatan dan Utara Florida. Masa siap panen biasanya dalam waktu sekitar 85 harl. Jenis kentang Ini memiliki ciri kulit berwarna merah. daging berwarna putih dan berbentuk bulat besar. Red Pontiac. juga dikenal dengan sebutan Chief Dakota.

Red Pontiac biasanya digunakan untuk bahan baku pembuatan kue. selain itu red pontiac dapat diolah dengan cara dipanggang, direbus bersama degan kulitnya yang sebelumnya sudah dicuci bersih. dan bisa juga untuk campuran salad. Jenls kentang ini  tidak cocok untuk digoreng.


Spunta potato

Spunta potato merupakan tanaman tahunan asli Amerika Selatan. Saat itu diperkenalkan di Afrika pada akhir abad ke-19. Umbi ini biasa digunakan untuk industri pengolahan makanan. Jenis kentang ini mempunyai bentuk oval dan memiliki ciri dengan warna kulit dan daging berwarna kuning krem, selain itu juga kentang ini memiliki tekstur yang lembut jadi sangat cocok diolah dengan cara merebus, memanggang, menumbuk, dan deepfrying atau dijadikan mash, chip ataupun wedges.

Spunta Potato biasa digunakan untuk membuat mashed potato, karena memiliki tekstur yang lembut. Untuk membuat mashed potato sangatlah mudah. Rebus sputa potato lalu tumbuk, tambahkan mentega dan susu panas lalu aduk bahan hingga mengembang, tambahkan garam dan merica. Spunta potato memiliki kandungan vitamin  C, kalsum dan potassium. Potassium sendiri memiliki manfaat untuk tubuh yaitu membantu tubuh mengatur tekanan darah, jantung serta fungsi saraf dan otot.



foodservicetoday

High Way To Hell


EmoticonEmoticon