Selasa, 14 April 2020

Kalebba Maja dan Lie Madira Tempat Wisata di Pulau Sabu yang Mempesona

Kontur Pulau Sabu berbukit-bukit tetapi tidak memiliki gunung. Salah satu titik tertinggi di Sabu adalah Bukit Lede Pemulu yang berada di perbatasan Desa Loborai dan Desa mehona, Kecamatan Sabu Liae. Untuk menemukan bukit ini sangat mudah karena berada di jalan raya utama yang membelah Pulau Sabu menuju arah Kecamatan Liae/mesara.


Cahaya Eksotis di dalam Gua Lie Madira
Cahaya Eksotis di dalam Gua Lie Madira



Bukit Lede Pemulu ditandai dengan adanya sebuah menara Built Transmission System (BTS) salah satu operator provider Gsm terkemuka di Indonesia. Dari puncak bukit ini, kita bisa melihat panorama 360 derajat Pulau Sabu, mulai dari bukit-bukit hijau, telaga kecil dengan puluhan kerbau dan kambing, pantai selatan yang berpasir putih, dan laut biru yang mengelilingi Sabu. memotret dari sudut manapun, kita akan mendapatkan foto yang menawan.


Kalebba Maja dan Lie Madira Tempat Wisata di Pulau Sabu yang Mempesona
Kalebba Maja di Pulau Sabu yang Mempesona

Baca Juga:

Kelebba Maja


Sabu memiliki keajaiban alam yang hanya ada satu-satunya di Indonesia dan belum diketahui banyak orang, yaitu Kelebba maja. Kalau pernah ke Cappadoccia, Turki, kira-kira seperti itulah Kelebba maja tapi dalam versi yang lebih kecil dengan warna-warni yang lebih indah dan semarak.

Kelebba maja adalah fenomena alam berupa tebing-tebing berukir di sebuah bukit dengan pilar-pilar batu yang pucaknga berbentuk mirip jamur/payung. Lekak-lekuk tebing sangat unik dengan warna bergradasi dari merah muda (pink), merah marun, hingga coklat tua.


Kalebba Maja dan Lie Madira Tempat Wisata di Pulau Sabu yang Mempesona
Pulau Sabu sangat terkenal juga dengan keindahan alam pantainya




Kelebba maja merupakan salah satu tempat gang disakralkan oleh warga Sabu sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa maja (salah satu Dewa yang dipercaya Orang Sabu) dan tempat penyelenggaraan berbagai upacara adat, di antaranya Upacara meminta Hujan.

Tempat ini tersembunyi di balik bukit dan cukup sulit untuk menjangkaunya, tepatnga di Desa Raerobo, Kecamatan Sabu Liae, sekitar 22 km dari pusat Kota Seba.


Seorang Gadis Menggunakan Kain Tenunan Khas Pulau Sabu
Seorang Gadis Menggunakan Kain Tenunan Khas Pulau Sabu



Gua Lie Madira


Sekitar tiga puluh menit berkendara dari Kota Seba, menyusuri tepian pantai utara Pulau Sabu kita akan bertemu dengan Gua Lie Madira. Gua yang terletak di Desa Daieko, Kecamatan Hawu mehara ini cukup unik, dengan mulut gua yang sangat pendek dan sempit. tak sampai satu meter tingginya.

Untuk memasukinya. anda harus jongkok agar kepala tidak kepentok. Anda harus ditemani seorang pemandu dan membawa lampu/senter untuk menjelajahi gua ini karena lorong gua berbelok-belok dan naik turun sepanjang kurang lebih 50 meter.


Kalebba Maja dan Lie Madira Tempat Wisata di Pulau Sabu yang Mempesona
Cahaya Matahari yang Menembus dari celah gua Lie Madira


Di beberapa tempat ketinggian lorong gua sangat pendek sehingga harus berjalan dengan menunduk atau jongkok. Suasana di dalam gua sangat gelap karena sinar matahari tidak bisa menembus masuk dan tidak ada lampu/penerangan sama sekali.

Gua yang pernah dihuni oleh Madira ini (sehingga dinamakan Gua Lie madira), memiliki formasi stalaktit dan stalakmit yang sangat menarik. Selain itu, di ujung gua juga terdapat sebuah kolam berair biru jernih yang dipercaya penduduk setempat, mempunyai khasiat membuat wajah awet muda.

Terlepas dari kebenaran mitos tersebut, tak ada salahnya mencuci muka dengan air kolam tersebut karena airnya sangat jernih dan segar.



Travelexpose

Travel, Books and Music,,


EmoticonEmoticon