Senin, 06 April 2020

Kenali Jenis-Jenis Food Truck

Membangun food truck tidak hanya harus tampil menarik dan memikat mata. Area kerja di dalamnya juga perlu dirancang secara cermat, sehingga para awak akan nyaman dan aman bekerja di dalamnya.

Setiap rancangan food truck dapat berbeda satu sama lain tergantung pada menu-menu yang ingin dijual ke konsumen. Pada artikel-artikel berikut ini ada 7 rancangan yang rancangan ini adalah indikasi umum yang disesuaikan dengan ukuran asli perangkat yang telah kami pilihkan. Perangkat memasak model lain bisa saja menggantikan yang tertera di sini. Seluruh desain pada akhirnya bisa berbeda tergantung kebutuhan.


Contoh sebuah Food Truck yang cantik



PIZZA DAN PASTA


Pizza dan pasta adalah makanan jalanan yang termasuk populer untuk menu western. Untuk memanggang pizza pastinya memerlukan pizza oven. Kalau semua ingin dipersiapkan di tempat, supaya cita rasa masakan lebih segar, maka truk memerlukan perangkat pizza preparation table. Meja ini juga bisa menyatu di atasnya undercounter chiller sehingga ruang dalam truk lebih lega.

Penyatuan ini penting, soalnya ruang untuk genset kemungkinan memakan tempat lebih besar karena banyak perangkat pizza dan pasta yang menggunakantenaga listrik ketimbang gas.

Untuk menyiapkan pasta, perlu perangkat pasta cooker yang ukurannya dirancang khusus menurut pesanan dan kondisi truk (custom). Sementara open burner digunakan untuk memasak dan menghangatkan sausnya. Chest freezer juga diperlukan untuk menyimpan adonan dan bahan baku pendukung lainnya.

Perangkat food warmer juga disiapkan untuk memajang potongan pizza yang sudah matang, sekaligus sebagai pajangan untuk menarik pembeli.


BURGER DAN HOT DOG 


Menu burger dan hot dog adalah yang paling umum untuk dijual dari atas food truck. Menu ini sangat simpel tapi bisa memikat konsumen kalau resepnya diracik secara spesial dan cita rasanya unik, seperti racikan Fat Belly.

Untuk menghasilkan menu yang unik perlu ditunjang dengan perangkat yang bisa bekerja maksimal dan bertenaga. Perangkat yang perlu ada untuk menu ini, antara lain flatgriddle untuk memanggang bun atau roti burger, deep fryer untuk berbagai gorengan semacam french fries atau nugget, lalu open burner untuk memanaskan menu pendukung, termasuk sausnya. Letak griddle bisa juga ditukar tempat dengan fryer, sehingga aktivitas hot cooking tidak terganggu.

Hawa panas dari aktivitas dapur di dalam kendaraan dan udara luar yang terik, memaksa food truck agar menyediakan perangkat wajib lainnya. Perangkat itu adalah mesin pendingin chest freezer dan undercounter chiller untuk menyimpan bahan baku agar tidak rusak. Hot dog roller harus tersedia pula jika menu ini memang wajib.

Selain perangkat diatas, ada alternatif lain menggunakan charcoal grill oven untuk menggantikan flat griddle. Dengan perangkat yang menggunakan bahan bakar arang ini, truk bisa lebih lapang karena ukuran genset bisa diperkecil (kapasitas lebih kecil).


FRIED CHICKEN


Menu ayam goreng semestinya yang paling populer untuk jajanan orang Indonesia. Hampir semua orang suka ayam goreng. Tentu perlu rasa dan garnish yang unik serta menarik supaya konsumen mau melirik menu Anda.

Untuk perangkat dapur menu ayam goreng tidaklah terlalu rumit dan banyak. Seperti lainnya, Anda juga perlu mesin pendingin untuk menyimpan ayam. Karena itu truk memerlukan perangkat chest freezer serta undercounter chiller.

Tentu saja Anda butuh fryer untuk menggoreng ayam atau kentang, serta rice cooker untuk memasak nasi. Kapasitas fryer bisa ditambah kalau permintaan meningkat, tetapi ini berarti kapasitas genset harus ditambah yang konsekuensinya berarti ruangan kosong jadi berkurang. Jika ada perangkat fryer yang menggunakan gas akan lebih baik karena berarti mengurangi konsumsi listrik.


NOODLE


Hampir tak ada orang Indonesia yang tak kenal indomie atau mi ayam. Di setiap jalanan yang ada warung pojok pasti menjual indomie atau mangkal tukang mi ayam. Begitu gandrungnya orang dengan mi, seperti tak peduli dengan rasanya, tetap saja tiap gerobak ada pembeli setianya.

Bagaimana kalau warung indomie atau mi ayam dijajakan menggunakan food truck? Tentu saja tantangan ini sangat menggugah adrenalin. Masalahnya, food truck adalah investasi padat modal, setidaknya lebih mahal dari gerobak kaki lima, sehingga harganya tak mungkin dijual sama dengan jajanan di pinggir jalan.Anda harus merancang menu yang menarik seperti Tjap Doea Rawit.

Perangkat dapur yang dibutuhkan untuk memasak mi ini, tentu saja harus tersedia noodle boiler. Perangkat ini perlu dibuat secara khusus (custom) dan disesuaikan dengan berapa banyak kemungkinan porsi yang dijual setiap harinya. 

Selain itu ada pula open burner dan fryer, untuk memanaskan kuahnya dan menggoreng pangsit jika diperlukan. Seperti menu yang lain. truk ini juga memerlukan undercounter chiller dengan preparation table di atasnya.


Design food truck yang mengundang orang untuk singgah


COFFEE & TEA


Minuman kopi dan teh sedang mengalami popularitas. Orang Indonesia sedikit demi sedikit mulai menghargai kopi dan teh yang berkualitas. Untuk membuat sajian minuman kopi yang bermutu perlu perangkat kerja yang bisa diandalkan, konsisten dan berdaya tahan tinggi.

Perangkat utama tentu saja mesin kopi dengan spesifikasi semi automatic coffee machine. Dengan mesin kopi double group versi digital rasanya cukup untuk menyajikan espresso atau cappucino untuk antrian panjang.

Mesin kopi profesional juga menampilkan estetika yang sedap dipandang mata sehingga ideal untuk mengkombinasikan kualitas minuman kopi terbaik, keindahan dan kehandalan. 

Selain mesin kopi, dapur perlu dilengkapi dengan mesin penggiling kecil, mesin penyeduh dan lemari pajangan untuk kue-kue dan roti (Showcase), sebagai teman minum. Semua perangkat ini menggunakan listrik, sehingga harus dihitung benar masing-masing kapasitasnya sehingga tidak tekor.



Ice Cream/Smoothies/Juice


Berbagai minuman jus, es krim, gelato atau smoothies masih favorit di kalangan pasar remaja dan pekerja muda. Minuman ini kalau dikemas dengan unik akan banyak peminatnya. Selain itu, minuman ala molecular mixology mungkin bisa menarik perhatian dengan penyajian yang menghibur.

Perangkat yang dibutuhkan untuk menyajikan menu ini, antara lain soft/hard ice cream display, ice maket, drink dispenser, blender,fruit display dan undercounter chiller. Semua perangkat ini membutuhkan aliran listrik. Sehingga perlu secara cermat memperhitungkan perangkat dapur yang efisien tetapi berdaya kerja tinggi. Seandainya tidak cukup, bisa diperhitungkan menyiapkan genset dengan kapasitas lebih besar, misalnya 7.000 watt, dengan konsekuensi ruang di dalam akan lebih mengecil.


Semua perangkat pendukung, seperti genset, chiller, semestinya tersimpan rapi di dalam masing-masing kompartemen di dalam truk. Sehingga mobilitas truk tidak terganggu, dan pemandangan dari luar tetap apik.

Foodservicetoday

High Way To Hell


EmoticonEmoticon