Selasa, 28 April 2020

Keunikan Tempat Wisata Di India

Kebanyakan orang membayangkan India adalah Negara dengan kota yang tidak tertata rapi, jorok, bau, miskin, lalu lintas ruwet dan parahnya: kotoran sapi ada di mana-mana. Karena itu minat wisatawan untuk berlibur ke negeri itu bisa dibilang sedikit. Namun, sebenarnya India juga menyimpan banyak keindahan walaupun minim. Karena itu daripada membahas keindahannya, lebih baik kita lihat India dari segi keunikannya.


Keunikan Tempat Wisata Di India
Seorang Gadis India di Depan Patung Ganesha


Hal yang Harus Diketahui Saat Berada di India


Meski perekonomian India diberitakan berkembang pesat tetapi kesan kumuh dan semrawut telah melekat padanya. Dan mungkin karena terlalu banyak penduduknya, maka di mana-mana terlihat manusia. Negara yang termasuk di benua Asia ini memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan negara terbesar ketujuh berdasarkan wilayah geografis. 

Negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia ini muncul sebagai kekuatan regional yang penting, dmgan kekuatan militer, dan memiliki kemampuan senjata nuklir. Mayoritas atau sekitar 80% lebih penduduk India beragama Hindu, dan agama terbesar kedua adalah Islam.

Bahasa yang digunakan di India adalah Inggris dan Hindi. Etnisnya Indo-Aryan dan Dravidian. Mata uang yang berlaku di India adalah rupee. Untuk kurs-nya, 1 rupee setara dengan Rp 200.

Standar hidup di India cukup murah, tidak .beda jauh dengan Indonesia. Karena itu banyak backpackers yang tertarik untuk bertualang di negeri ini. Jika Anda mencari tempat penginapan yang murah, Anda bisa memilih bermalam di guesthouse ketimbang di hotel. menginap di guesthouse, harga paling rendah adalah 300 rupee atau sekitar Rp 60 ribu. 

Baca Juga:


Biasanya, ini adalah kamar single atau doublé standard yang tidak dilengkapi penyejuk udara. Untuk mendapatkan standar kamar di guesthouse yang lebih baik, harganya biasanya di atas 450 rupee atau sekitar Rp 90 ribu. Sedangkan untuk penginapan di hotel, biaya yang dikenakan bisa dalam bentuk rupee atau dolar Amerika Serikat.


Keunikan Tempat Wisata Di India
Pemandangan di salah satu sudut India


Di Hotel Bombay Orient, misalnya, harga kamar dipatok mulai 450 rupee (sekitar Rp 90 ribu). Adapun di Central Court Hotel, kamar paling minimalis dibanderol seharga US$ 20 (sekitar Rp 184 ribu).

Mencari makanan halal di India sangat mudah. Pasalnya, kebanyakan penduduk India adalah vegetarian. Mereka memilih makan sayur mayur ketimbang daging. Restoran juga lebih banyak menyajikan pilihan makanan vegetarian. Selama melancong di India, tidak disarankan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dijajakan di pinggir jalan karena alasan kesehatan. Sebaiknya selalu makan di restoran yang bersih dan layak.

Di negara ini, tersedia keran air yang bertuliskan "drinking water" di tempat-tempat umum. Kendati demikian, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi air itu untuk minum demi menghindari sakit perut atau gangguan kesehatan lainnya. Sebaiknya Anda membeli air mineral yang dijual seharga 12 rupee (Rp 2.400) per botol.

Bagi Anda yang suka foto-foto, kebanyakan orang di India meminta imbalan uang ketika dipotret. Oleh karena itu, ada baiknya meminta izin terlebih dahulu untuk mengambil gambar mereka. Kalau mereka meminta imbalan, berikan sekitar 10 rupee untuk setiap orang dari foto-foto yang diambil. Jika mereka menyebutkan imbalan yang terlalu besar, sebaiknya ditolak saja dan memilih untuk tidak memotret.

Hampir sama seperti Indonesia, di India ada dua jenis iklim, yakni musim panas dan dingin. Musim panas terjadi pada bulan Maret sampai Mei. Musim dingin di bulan Desember sampai Februari, sementara Juni hingga September adalah monsoon atau jumlah curah air hujan sangat tinggi.

Anda pasti terheran-heran bila melihat bagaimana crowded dan kacaunya transportasi umum di India. Pengemudi di India driving like crazy, dan hobi membunyikan klakson karena klakson adalah sapaan bagi para pengemudi. Adalah suatu yang lazim di seluruh sarana transportasi umum darat di India terdapat simbol atau kata-kata "SOUND HORN”. 

Tidak seperti peringatan bahwa ngebut akan berbahaya yang hampir tidak pernah diabaikan oleh para pengemudi di India, pengemudi amat patuh membunyikan klakson walau tulisan itu bukan perintah resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian India. Bahkan suara bisingnya klakson masih terdengar di dalam kamar hotel lantai 4!


Keunikan Tempat Wisata Di India
Keindahan Taj Mahal India



Taj Mahal


Orang-orang berkata, belum ke Taj Mahal, belum terhitung pernah ke India. Taj Mahal adalah simbol negeri ini, dan termasuk salah satu obyek yang dinobatkan sebagai keajaiban dunia. Karena itu Taj Mahal selalu dipenuhi pengunjung, baik penduduk lokal maupun turis mancanegara. Harga tiket untuk turis lebih mahal 50 kali daripada orang India. Taj Mahal sangat luas, pagar luarnya adalah benteng dan tembok yang berwarna coklat kemerahan.

Menembus dua lapis pintu kota, Taj Mahal yang berwarna putih salju, adalah sebuah bangunan berbentuk istana yang keseluruhan bahannya menggunakan batu pualam berwarna putih. Dalam 3 dimensi ia berbentuk segi delapan, bagian kubah berbentuk setengah bola, konon paduan antara corak |s|am, Persia dan India.

Di depan bangunan tersebut terdapat kolam raksasa, merefleksikan Taj Mahal dalam keadaan terbalik. Para pelancong sebelum memasuki istana, diharuskan melepas sepatu terlebih dahulu, berjalan dengan kaos kaki atau telanjang kaki, untuk proteksi dan penghormatan. Di tengah istana, adalah pusara Shah Jahan, kaisar generasi kelima dinasti Mogul dan selir tercintanya.

Disini Anda tidak diperkenankan untuk mengambil foto, Anda hanya bisa meraba pagar makam yang terbuat dari batu pualam, dan melalui celah-celah pagar melototi bayang-bayang gelap pusara yang terbuat dari batu giok putih.

Mausoleum TajMahal, diberi julukan ”monument cinta' umat manusia, mengisahkan sebuah kisah cinta yang abadi Shah Jahan sangat menyayangi selir keduanya yang bernama Mumtaz Mahal yang telah melahirkan 14 anak untuknya. Sayangnya sewaktu keIahiran anak ke-14, Mumtaz Mahal meninggal akibat kesulitan dalam melahirkan.

Shah Jahan sangat berduka. dikisahkan dalam tempo semalam rambutnya memutih. Ia lantas memutuskan membangunkan sebuah mausoleum Mendatangkan batu-batuan dan kayu ternama dari seluruh India . dan dunia Proses pembuatannya di tahun 1600-an waktu 22 tahun dan memperkerjakan 20.000 pekerja proyeknya harinya. Konon katanya, setelah Taj Mahal selesai pekerjanya dibunuh agar tidak dapat membangun bangunan seindah Taj Mahal ditempat lain. Inilah bukti cinta sejati seorang pria terhadap wanita yang sangat dicintainya.


Keunikan Tempat Wisata Di India
Ladakh dengan Pemandangan Pegunungan Himalaya


Baca Juga:


Objek Wisata Lainnya


SelainTaj Mahal, India juga masih mempunyai beberapa objek wisata menarik lainnya.

Darjeeling Toy Train

Meskipun terdengar seperti sebuah kereta api mainan, rute kereta api Darjeeling-Himalayan melintasi hampir 90 kilometer dari pegunungan Himalaya. Kereta api ini menyediakan tampilan romantis Himalaya, dan memungkinkan Anda untuk menjelajahi daerah yang berbeda. Ini adalah sesuatu yang setiap Orang harus lakukan pada liburan mewah ke India.

Goa Trance Parties

Goa merupakan negara bagian terkecil di India. Meski begitu. Goa “mempunyai daya tarik yang besar terutama acara bertema Goa Trance Parties. Meski acara bertema sama telah ada di seluruh dunia yang umumnya berpusat di sekltar bar, Anda harus mengunjungi sumbernya dengan |atar belakang pantai dan hutan.


Bersantai di Ladakh

Terletak di antara pegunungan Kunlun dan Himalaya, Ladakh adalah salah satu daerah berpenduduk paling sedikit di India. Daerah Ini terkenal karena suasana tenang dan tampilan indah pegunungannya.


Taman Nasional Sundarbans

Jika Anda ingin melihat satwa liar India di habitat aslinya, Taman Nasional Sundarbans adalah tempat yang harus dikunjungi. Selain sebagai salah satu cagar alam terbesar yang menjadi rumah bagi harimau Bengal, taman nasional ini berisi satwa liar lain di antaranya kera, babi hutan, rubah terbang, trenggiling, chitai, penyuiekang, buaya estuarian dan lumba-Iumba Gangga.


Lembah Bunga


Salah satu tempat yang paling indah di planet ini adalah Lembah Bunga yang berlokasi di Himalaya Barat dan menawarkan lebih dari 500 varietas bunga.Taman nasional ini hanya terbuka antara Juni dan Oktober. Selain bunga, ada juga fauna menarik di antaranya beruang hitam Hima|aya dan macan tutul salju.


Smart Lifestyle Maret 2013

Travel, Books and Music,,

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon