Sabtu, 11 April 2020

Pantai Bo'do dan Kampung Namata, Dua Tempat yang Wajib dikunjungi di Sabu

Sejak tahun 2010, Pulau Sabu bersama dengan tetangganya, Pulau Raijua, mendapat otonomi khusus sebagai sebuah kabupaten baru dengan nama Kabupaten Sabu Raijua.


Wisata di Kabupaten Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur Indonesia
Seorang Wanita berpakaian adat sabu



Dulunya, Sabu Raijua hangalah sebuah kecamatan yang masuk ke dalam administrasi Kabupaten Kupang, yang ibukotanya berada di Kupang, Pulau Timor. Setelah menjadi kabupaten, Sabu Raijua memilih Desa Menia sebagai ibu kota atau pusat pemerintahannya.
Namun, pusat kegiatan ekonomi dan bisnis berada di Kota Seba. Letak Seba memang lebih strategis dibanding Menia. Seba berada di pinggir pantai dan menjadi gerbang masuk ke Pulau Sabu karena di kota kecil ini terdapat sebuah pelabuhan dan sebuah bandara perintis yang hanya bisa didarati pesawat kecil semacam Cessna Grand Caravan.

Terlepas dari letaknya uang terpencil di tengah lautan dan susahnya transportasi menuju ke sana, Pulau Sabu menyimpan segudang keindahan alam dan keunikan budaya yang tidak bisa kita temui di daerah Lain.


Wisata di Kabupaten Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur Indonesia
Pantai Bo'do



Pantai Bo’do


Sabu merupakan pulau gang kecil sehingga pantai bisa  ditemukan di mana-mana. asiknya lagi, hampir semua pantai di Sabu masih sepi dan alami, tanpa biaya masuk/retribusi.

Salah satu pantai gang layak untuk dikunjungi adalah Pantai Bo'do. Pantai ini berada tak jauh dari Pelabuhan Seba dan berdampingan dengan Pantai Napae, hanya dipisahkan oleh sebuah sungai kecil. Pantai Bo'do berpasir putih kecoklatan.

Keunikan pantai ini tak lain berkat adanya sebuah benteng tua yang terbuat dari tumpukan batu karang di atas bukit kecil, di pinggir pantai. Dari benteng ini. nampak Pantai Napae dan Dermaga Seba di kejauhan.

Seperti pantai-pantai lainga di Sabu, suasana di Pantai Bo'do juga sangat sepi dan masih alami. Tak ada kafe, restoran ataupun warung makan. Semuanya masih alami, tanpa sentuhan komersial seperti pantai-pantai di Bali. Karena menghadap ke barat, pantai menjadi lokasi gang tepat untuk menyaksikan panorama matahari terbenam (sunset).


Wisata di Kabupaten Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur Indonesia
Kampung Namata



Kampung Namata


Sabu memiliki beberapa kampung adat yang menarik. Kampung adat terdekat dari Kota Seba adalah Kampung Namata, gang berada di Desa Raeloro, Kecamatan Sabu Barat.

Kampung yang berada di atas bukit ini cukup terkenal di kalangan wisatawan dan sudah menjadi salah satu destinasi wajib kunjung di Sabu. Daya tarik Kampung Namata di antaranya adalah rumah adat Khas Sabu gang disebut Emu Rukoko.

Baca Juga:
- Nasib Kopi Colol 
- Sistem Pemerintahan Ke'Daluan"

Rumah adat ini bentuknga sangat unik mirip perahu terbalik. Dinding rumah terbuat dari bambu dan atap terbuat dari daun lontar gang atap menjuntai sampai hampir menyentuh tanah sehingga menutupi seluruh dinding rumah.


Wisata di Kabupaten Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur Indonesia
Pemandangan Sore Hari di Pantai Seba


Bentuk rumah yang seperti perahu terbalik bukan tanpa alasan. Filosofmga adalah Warga Sabu merupakan nelayan yang biasa menggunakan perahu saat menangkap ikan di laut.

Selain rumah adat yang unik di Kampung Namata juga terdapat lapangan berbentuk lingkaran dengan batu-batu megalitikum yang berusia ratusan tahun di dekatnya. Lapangan tersebut tak lain adalah tempat warga Kampung Namata menyelenggarakan berbagal upacara adat.




travelexpose

Travel, Books and Music,,


EmoticonEmoticon