Rabu, 08 April 2020

Pendanaan Awal Tokopedia dari SoftBank

Pada 22 Oktober, Tokopedia membuat kejutan, tidak hanya kepada masyarakat internet di Tanah Air, tetapi juga seantero dunia. Pasalnya, marketplace tersebut telah berhasil menggaet investasi baru yang luar biasa besar, yakni senilai US$100 juta (sekitar Rp l,2 triliun) dari SB Pan Asia Fund (dikenal juga dengan SoftBank Ventures Korea), anak usaha SoftBank Corporations di Korea Selatan ; dan Sequioa Capital yang berbasis di Menlo Park, California, Amerika.


Tokopedia


Kucuran investasi itu dipimpin oleh SoftBank Internet and Media, Inc., anak usaha SoftBank Corporations asal Jepang yang fokus pada pasar teknologi informasi.

Padahal, beberapa tahun lalu SB Pan Asia Fund telah menanamkan investasinya ke Tokopedia, tapi tak disebutkan nilainya. Ini membuktikan bahwa SoftBank kian yakin dengan potensi yang dimiliki marketplace tersebut, juga pasar Tanah Air. Bahkan, menurut Nikesh Arora, Vice Chairman SoftBank sekaligus CEO SoftBank Internet, investasi terbaru ini dinyatakan sebagai yang pertama dan terbesar sepanjang sejarah pengucuran dana untuk perusahaan internet di Indonesia dan Asia Tenggara bagi SoftBank dan Sequioa.

Untuk diketahui, dalam rentang waktu sejak berdiri hingga memperoleh pendanaan dari SB Pan Asia Fund tahun lalu pun Tokopedia telah mendapatkan investasi dari beberapa pemodal ventura. William mengatakan komitmen pendanaan dari Indonusa untuk mendirikan marketplace ini sebesar Rp2,5 miliar tidak terpakai semua. Sebab, tidak sampai satu tahun pemodal ventura East qutures asal Singapura masuk.


Berbagai macam item yang dijual di Tokopedia


Nilai Saham Tokopedia Tahun 2011

Mereka juga mengucurkan dana seri D secara seed funding (kedua perusahaan tak bersedia mengungkapkan nilainya dengan alasan bukan perusahaan publik). Pada 11 April 2011, CyberAgent Ventures, pemodal ventura yang berbasis di Tokyo, mengucurkan dana sebesar US$700.000 (Rp8,4 miliar) dengan kompensasi 10% saham.

Jika memang benar, artinya nilai keseluruhan saham Tokopedia tiga tahun 2013 sudah mencapai US$7juta (Rp84 miliar). Ketika dikonfirmasi tentang hitung-hitungan tersebut, William menjawab, “kurang lebih segitu. Memang valuasi perusahaan internet itu begitu.” Jadi, semakin banyak investasi yang masuk-dengan penemuan saham baru, bukan akunsisi-maka semakin mahal nilai perusahaan tersebut. itu belum dihitung dengan masuknya pendanaan dari SB Pan Asia Fund tahun 2013 yang nilainya dirahasiakan.


Dengan masuknya invesmsi sebesar US$ 100 juta dari SoftBank Internet ini, maka valuasi Tokopedia dipastikan semakin melambung. Meski tak ada yang menyebutkan berapa kompensasi sahamnya, yang jelas SoftBank Internet dan Sequioa sama-sama akan menempatkan wakilnya di jajran direksi Tokopedia.


bloombergbusinessweek

High Way To Hell


EmoticonEmoticon