Minggu, 05 April 2020

Tips Merancang Food Truck yang Standart dan Berkualitas

Anda ingin berbisnis restoran menggunakan truk makanan atau food truck? Mumpung sedang ngetren, mungkin Anda tertarik untuk membangun dan mengelola salah satunya. Tulisan ini ingin memberikan panduan atau sekadar wawasan yang komprehensif tentang food truck dan perangkat dapur (kitchen equipment) yang semestinya, nyaman dan profesional.


Pernikahan dengan konsep Food Truck


Ada banyak pilihan karoseri. ukuran. maupun jenis kendaraan untuk food truck. Memang tidak ada aturan yang detail tentang bagaimana seharusnya food truck dirancang dan dimodifikasi. Tetapi sudah seharusnya truk atau kendaraan apapun yang ingin digunakan sebagai truk makanan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang kendaraan bermotor, juga tentang keamanan dan keselamatan penggunanya, serta keamanan pangan dan laik sehat bagi seluruh awak dan konsumennya.

Rancangan food truck yang disajikan di sini hanyalah bersifat gambaran umum dan standar. Tetapi standar bukan berarti kendaraan dalam kondisi seadanya atau sekadar jalan dan bisa berjualan, melainkan standar berarti telah memenuhi persyaratan yang paling minimum yang semestinya disediakan oleh kendaraan untuk restoran berjalan.

Karoseri Untuk food truck


Ada banyak pilihan perusahaan karoseri yang bisa merancang food truck. semisal karoseri hasil rancangan dari PT Delima Jaya Carrosserie Industry karena pengalamannya selama 40 tahun dalam membangun karoseri kendaraan.

Delima Jaya, yang berdiri pada 1976, pertama kalinya membangun karoseri untuk truk makanan atau dapur umum berjalan saat membantu Badan SAR Nasional (Basarnas) atau pemerintah (Pekerjaan Umum) untuk bantuan darurat bencana.

Setelah itu sejak 2010, Delima Jaya telah merancang mobile cafe untuk perusahaan minuman kopi. “Kami telah berpengalaman membuat karoseri kendaraan, dan mobil khusus kami adalah yang terbaik di Indonesia," kata Winston Wiyanta, Managing Director PT Delimajaya berpromosi.

Tapi Winston tidak asal bicara. Memang ada beberapa poin krusial yang sudah dirancang dengan matang oleh Delima Jaya, seperti risiko panas di dapur karena aktivitas memasak, panas dari hawa luar. serta risiko keselamatan dari kemungkinan kompor atau gas yang meledak. Beberapa risiko ini belum atau bahkan tidak bisa dipenuhi oleh karoseri lain.

Untuk mengatasi hawa panas, Delima Jaya membuat ventilasi yang sengaja dirancang agar para awak dapat bekerja nyaman dan aman. sementara makanan tetap terjaga mutu dan cita rasanya. "Kami telah menyediakan exhaust fan berkekuatan tinggi di atap, dan extra hood untuk menyedot hawa panas akibat aktivitas dapur,”.

Untuk meredam panas dari luar, kendaraan diberikan insulasi pada tubuh panel atap dan dinding dengan bahan poliuretan (polyurethane) yang dapat menahan panas dari luar kendaraan. “Sedangkan untuk keamanan. kami menyiapkan APAR atau fire extinguisher ukuran 1-2 kilogram sesuai kebutuhan.” tambahnya lagi.


Kelengkapan pendukung Sebuah Food Truck


Poin lain yang juga penting untuk sebuah food truck adalah kelengkapan perangkat pendukung yang membantu bekerjanya peralatan secara total. Perangkat itu misalnya genset dan gas untuk sumber daya, tangki air, tangga dan bermacam perangkat yang bisa dilipat, termasuk rak-rak dan tambahan ruang untuk front area.

Delima Jaya telah merancang food truck yang serba praktis. Genset sebagai sumber listrik, misalnya, ditempatkan di bagian tertutup dengan peredam kebisingan. Kapasitas genset yang memungkinkan untuk model food truck ini maksimal 5,5 kVA (5.500 watt).

Dari sisi luar, genset ini dapat dengan mudah ditarik keluar-masuk menggunakan alas rel. Begitu pula dengan gas untuk kebutuhan perangkat memasak. Tempatnya disusun kompak secara fungsi dan apik tampilannya. Pengoperasiannya juga mudah karena ada jendela yang bisa dilipat untuk membuka dan menutup. 

Sementara tangki air yang dibuat dari bahan fiber diletakkan di atap. Penyaring air dapat diset di bagian bawah antara roda depan dan belakang. begitu pula tangki untuk menampung air limbah di belakangnya.

Kemampuan Delima laya membangun truk yang kompak seperti Ini tentu saja hasil dari puluhan tahun pengalaman merancang karoseri untuk berbagai kendaraan untuk bermacam keperluan. Mereka pernah merancang mobil pemadam kebakaran (yang membutuhkan tangki air), dan mobil ATM (yang membutuhkan genset).


Coffeeshop dengan Konsep Food Truck


Ukuran dan jenis Food Truck yang Ideal


Ukuran food truck yang layak semuanya tergantung menu yang Anda jual nantinya. Untuk ukuran kecil, Anda bisa memakai kendaraan multiguna (MPV) atau mini MPV, semacam Daihatsu Granmax, Mitsubishi L300, atau VW Combi. Untuk kendaraan sedang,

Anda bisa memilih jenis truk engkol dengan empat roda setara dengan bus ukuran sedang, seperti Isuzu Elf NH R55, Mitsubishi Fe71, Toyota Dyna 110, atau Hino Dutro 110$DBL. Kendaraan ukuran besar, yakni sekelas bus besar dengan enam roda, seperti Isuzu ELf NKR71, Mitsubishi FE84BC, Toyota Dyna 130XT, Hino Dutro 130MDBL.

"Untuk saat ini, kami masih lebih banyak mengerjakan pesanan untuk ukuran sedang sekelas bus sedang,” kata Winston. Ukuran sedang tampak lebih cocok  untuk kondisi Jakarta yang di beberapa wilayah tidak mengizinkan kendaraan besar seperti bus dengan enam roda masuk. Jakarta yang padat lalu lintas juga bakal menyulitkan bus besar untuk bermanuver mencari jalan atau tempat mangkal.


Proses  Pengerjaan dan biaya Food Truck


Sebagai perusahaan spesialis karoseri, Delima Jaya bukanlah penjual atau dealer kendaraan. Tetapi perusahaan yang terletak di Bogor ini bisa berperan sebagai perantara dengan penjual sasis jika Anda ingin memilih kendaran yang Anda butuhkan.

Perusahaan ini juga tidak menyediakan stok kendaraan. “Hampir semua food truck yang kami buat berasal dari pesanan khusus customer," kata Winston menjelaskan. Sehingga pihak karoseri juga sekaligus memiliki tim desain yang akan membantu Anda merancang food truck yang sesuai dengan kebutuhan, bahkan hingga pilihan warna maupun stiker-stiker pendukung yang akan ditempel di bodi kendaraan sebagai bahan promosi. "Kami menyediakan desain untuk memberikan gambaran layout, branding, serta tampilan tiga dimensi dari food truck yang dipesan customer,” tambahnya lagi.

Semua pengerjaan kendaraan ini membutuhkan waktu sekitar 60 hari kerja, bahkan bisa hingga 75 s.d. 90 hari kerja tergantung tingkat kerumitan atau keunikanfood truck. Kendaraan lalu dapat juga diantar ke lokasi yang ditentukan, tentu saja dengan tambahan biaya pengantaran.


Untuk rentang harga, Delima Jaya memberikan gambaran umum tergantung jenis kendaraan yang dipilih. Harga ini sudah termasuk sasis, dan seluruh karoseri termasuk stiker branding, serta siap dijalankan (on the road). Harga juga sudah termasuk spesifikasi yang disebutkan dalam tabel spesifikasi. Untuk ukuran kecil, harganya sekitar Rp 250-300 juta, ukuran sedang sekitar Rp 400-500 juta, dan ukuran besar sekitar Rp 600-700 juta. Seluruh harga ini masih indikasi, termasuk perangkat memasak. Harga tentu bias lebih kecil atau lebih besar tergantung kitchen equipment yang dipilih konsumen.

Foodservicetoday

High Way To Hell


EmoticonEmoticon